4 Kompresor Yang Harus Anda Ketahui

Alat yang satu ini, bisa jadi sangat penting pada saat ban kendaraan sedang mengalami kempes. Ya, kompresor merupakan alat untuk memompa ban yang kempes agar bisa kembali kencang dan dapat digunakan seperti sediakala. Untuk ban yang kempes karena kurang angin dan bukan disebabkan bocor karena tertusuk benda tajam, maka kompesor adalah solusinya.

Banyak orang yang mengira bahwa kompresor hanya ada satu atau dua jenis saja, padahal ada beberapa jenis. Untuk lebih mengenal jenis-jenis kompresor yang sering digunakan saat ini, simak penjelasannya di bawah ini sebagai informasi tambahan bagi anda. Silahkan disimak!

kompresor
berbagai jenis kompresor

1.       Air Compressor Direct Driven

Jenis kompresor berikut ini sering kita jumpai di tempat tambal ban atau bengkel. Ciri khasnya ialah dilengkapi dengan motor penggerak yang terhubung dengan pompa udara sehingga ketika ingin memompa harus dihidupkan terlebih dahulu mesinnya. Memiliki kelebihan pengisian udara yang cepat namun agak berisik pada suara yang dihasilkan saat mesin kompresor dihidupkan.

2.       Kompresor Mini

Ukuran kompresor ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan kompresor yang lain sehingga tidak menggunakan tabung tekanan. karena komponen alatnya yang terbatas sehingga hasilnya pun hanya berupa tiupan udara yang tidak terlalu besar. Kompresor mini seringkali digunakan untuk keperluan pengecatan sederhana dan juga pen air brush.

3.       Air Compressor Screw

Air compressor screw dapat digunakan untuk keperluan pengisian udara dalam waktu yang lama misalnya 24 jam. Memiliki bentuk mesin yang lebih besar dari kedua jenis kompresor sebelumnya. Selain tahan lama dalam penggunaannya, jenis kompresor ini juga memiliki kelebihan tidak terlalu banyak menghasilkan uap air karena memakai screw yang berputar saat memompa udara. Suara yang dihasilkan juga tidak terlalu bising.

4.       Air Compressor Belt Driven

Untuk menggunakan kompresor jenis ini perlu sistem koneksi antara pompa udara vanbelt dengan tenaga penggerak. Dimana tenaga penggeraknya berupa mesin berbahan bakar solar (elektromotor listrik). Meski memiliki kelemahan pada suara yang dihasilkan, namun jenis kompresor ini dapat bertahan lama sehingga banyak orang yang menggunakannya pada usaha tambal ban atau bengkel motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *