Karena Kasus Pajak, Google Terancam Diblokir di Indonesia. Berikut Akibat yang Bisa Terjadi Jika Google sampai Diblokir.

Google yang merupakan salah satu perusahaan besar dunia ini ternyata memiliki hutang pajak yang belum dibayarkan di Indonesia. Hutang Google tersebut nyatanya mulai menumpuk sejak kantor perwakilan resmi Google berdiri di Indonesia pada tahun 2013. Jika dihitung secara keseluruhan mulai dari tahun 2013 sampai saat ini, ternyata besaran hutang pajak Google tersebut sudah mencapai triliunan Rupiah. Selain di Indonesia, Google juga memiliki masalah pembayaran pajak di beberapa Negara lain seperti Perancis, Inggris dan Italia.

Berbagai  peringatan sudah diluncurkan oleh pemerintah Indonesia pada pihak Google sejak bulan September 2016, tetapi sikap yang diberikan oleh Pihak Google masih tarik ulur. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi setelah proses perundingan dan pengambilan keputusan antara pihak Google dan pemerintah. Salah satu kemungkinan terburuk yang bisa terjadi ialah pemerintah Indonesia bisa saja mengambil keputusan seperti Tiongkok yang memblokir Google. Berikut ini adalah akibat nyata yang akan terjadi jika Google sampai diblokir.

  1. Kamu yang Menggunakan Media komunikasi Berupa Gmail, Sepertinya Harus Beralih Ke Yahoo Atau yang Lainnya…

1

Sampai saat ini Gmail merupakan pilihan paling favorit untuk layanan Email di Indonesia. Baik untuk penggunaan resmi seperti kepentingan kerja, maupun penggunaan kepentingan pribadi lainnya. Dengan begitu dapat dibayangkan bukan, jika kita tidak dapat mengaksesnya lagi? hehehe…. Mungkin para pengguna Gmail harus beralih dan menggunakan layanan email lainnya. Tapi walaupun bisa beralih ke layanan email lainnya, berbagai data penting dan kepentingan yang ada di akun Gmail kita sudah tidak bisa kita akses lagi. Sayang sekali bukan….

  1. Kita Tidak Bisa Nonton Youtube Lagi dan Selamat Tinggal Para Youtuber

2

Dengan diblokirnya Google, pastinya Youtube yang merupakan salah satu bagian Google tidak dapat kita akses lagi. Youtube yang merupakan tempat mencari informasi, hiburan maupun sebagai pengganti TV bagi sebagian orang ini, tentunya sangat tidak terpisahkan dengan kehidupan keseharian kita. Tapi jika sudah tidak bisa diakses lagi, apa boleh buat.

Para Youtuber yang terkenal dan menghasilkan uang melalui Youtube pun pastinya menjadi salah satu pihak yang akan merasa paling dirugikan disini. Karena penghasilan utama mereka akan hilang, begitu juga dengan berbagai hasil karya mereka di Youtube yang sudah tidak dapat diakses lagi.

  1. Para Pelajar Akan Kehilangan Perpustakaan Ke 2 Mereka

3

Google yang merupakan mesin pencari, sangat sering digunakan oleh para siswa dan mahasiswa untuk mencari berbagai informasi. Kalau anda tidak tau apa itu Google Search, maka silahkan dibaca apa itu Google? Google search biasa dipakai baik untuk tugas, media pembelajaran maupun hal-hal lainnya. Bahkan karena menyimpan informasi yang lengkap dan mudah digunakan, Google biasa disebut sebagai perpustakaan ke 2 bagi para pelajar.

Walaupun mungkin pada aplikasinya, lebih banyak murid-murid sekolah sampai mahasiswa yang memanfaatkan Google sebagai referensi pelajaran mereka. Bahkan apabila dibandingkan dengan perpustakaan di sekolah, atau di kampus. Kalau Google diblokir di Indonesia, banyak pelajar yang akan kehilangan sumber informasi yang sangat bisa diandalkan.

Bayangkan saja jika Google sampai diblokir, pastinya para pelajar tidak dapat lagi mencari informasi melalui Google Search ataupun Google Scholar. Mungkin para pelajar harus terbiasa ke perpustakaan lagi untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Dan ke perpustakaan itu tidak bisa setiap saat, hanya bisa saat sekolah atau kampus masih buka.

Adanya Google memberikan fasilitas perpustakaan 24 jam kepada para pelajar. Tidak hanya nara sumber dari Indonesia, tapi nara sumber dari dunia dapat diakses informasinya. Ini akan sangat membatasi ruang lingkup pencarian informasi bagi pelajar.

Wah gawat sekali ya kalau sampai Google diblokir di Indonesia. Karena ternyata banyak sekali kerugian secara materi dan informasi yang akan diderita oleh warga Indonesia. Walaupun, apabila Google diblokir masih terdapat beberapa search engine, dan portal video alternatif yang dapat dikunjungi. Tapi sejauh ini, memang Google & Youtube yang sangat user friendly dan lengkap untuk digunakan. Semoga saja pemblokiran Google ini tidak terjadi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *