Langkah-Langkah Membeli Rumah KPR Murah

Rumah merupakan kebutuhan utama dan menjadi impian semua orang. Rumah adalah tempat istirahat  dan bercengkerama bersama keluarga. Tapi sayang, setiap tahun harga properti termasuk rumah selalu meningkat. Sehingga harus mengumpulkan uang dalam jumlah besar untuk memiliki sebuah rumah. Namun, pemerintah selalu mengerti masyarakatnya maka diadakanlah Kredit Kepemilkikan Rumah atau yang disebut KPR.

Membeli rumah KPR murah ini dilakukan dengan dicicil atau diangsur setiap bulannya. Ada yang menggunakan Dp atau uang muka, ada pula yang tidak. Rumah KPR hanya bisa diambil melalui bank dan diajukan dengan syarat-syarat tertentu. Namun, kebanyakan proses pengajuan KPR dipermudah, terlebih jika program pemerintah. Nah, berikut ini langkah-langkah membeli rumah KPR!

Temukan rumah idaman Anda

Pertama, carilah rumah yang Anda inginkan. Informasi bisa didapatkan melalui internet, koran maupun survei langsung ke lapangan. Jangan lupa untuk membandingkan harga rumah dari perumahan yang satu dengan yang lainnya. Ketahui seberapa mudahnya proses kredit rumah, mulai dari syarat dan ketentuannya.

rumahs

Cari tahu semua hal tentang rumah

Setelah memiliki target rumah KPR murah, selanjutnya tanyakan semua hal tentang rumah itu. Selain harga, Anda pun harus tahu uang mukanya berapa, besar cicilan tiap- bulannya dan berapa biaya tanda jadi. Tanyakan pula fasilitas rumah seperti berapa kamar, bagaimana dapur, ruang makan dan lain sebagainya. Ketahui luas rumah dan bangunannya, pastikan Anda paham betul. Ini dilakukan untuk mempertimbangkan pembelian rumah KPR.

Bayar tanda jadi

Saat informasi sudah didapatkan sevara detail dan jelas serta Anda merasa mantap mengambil rumah itu, maka bayar tanda jadinya.  Tanda jadinya ini menandakan kalau unit rumah KPR murah itu sudah dibooking. Oleh karena itu, harus ada tanda bukti yang jelas dan syah secara hukum. Sehingga, rumah itu sudah tidak bisa lagi dipesan orang lain.

Membayar uang muka

Selesai membayar tanda jadi, berikutnya lakukan pembayaran uang muka rumah KPR murah. Ada beberapa aturan berbeda dalam membayar uang muka. Beberapa developer ada yang menerapkan batas waktu untuk membayar uang muka ada yang membebaskannya. Jika mempunyai dana yang besar, ada baiknya uang muka banyak agar jumlah cicilan tiap bulannya sedikit. Dalam setiap transaksi pastikan Anda diberikan tanda bukti yang syah.

Ajukan KPR ke bank

Untuk dapat membeli rumah KPR murah, Anda harus mengajukan aplikasi KPR ke bank. Langkah ini bisa dilakukan melalui Urbanindo.com. Maka, Anda akan dipilihkan bank-bank yang sesuai kebutuhan dan fasilitas KPR yang Anda inginkan. Pada pengajuannya, Anda harus menyiapkan berkas-berkas atau dokumen yang dibutuhkan. Untuk syaratnya itu, bisa ditanyakan kepada pihak developer atau bank.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *