Review Amd fx-9590 vishera

Sebagai perusahaan semikonduktor yang berpusat di Amerika Serikat, Advanced Micro Devices, Inc memproduksi produk yang berkaitan dengan alat elektronik seperti memproduksi prosessor, chipset motherboard serta GPU. Prosessor dari AMD biasanya lebih banyak dicari oleh masyarakat yang bekerja di bidang grafis atau memiliki hobi untuk bermain game dengan resolusi yang tinggi. salah satu jenis processor yang akan kita Bahas disini adalah review prosessor AMD Vishera.

jenis Amd Processor FX Black Edition foto:newegg.com
Salah satu kelebihan utama yang ditawarkan oleh AMD FX adalah memiliki lebih cache memori sehingga dapat meningkatkan performa saat Anda sedang bekerja dengan komputer Anda. Processor AMD FX 9500 yang termasuk dalam seri favorit dari AMD dikeluarkan pada tahun 2013 dan termasuk dalam processor kelas premium walaupun tidak ada perubahan di bidang design jika dibandingkan dengan seri sebelumnya yang keluar tahun sebelumnya. Akan tetapi perubahan dari seri sebelumnya terletak pada kemampuan processor.

Secara umum, konsumen senang dengan perubahan yang ada di AMD FX 9500. Hal tersebut dikarenakan processor tersebut mempunyai clok yang cukup tinggi akan tetapi, tidak sedikit yang kecewa dengan inti komputer tersebut. Hal itu disebabkan karena processor ini mempunyai asupan daya yang cukup tinggi. Jika Anda dapat masih memiliki AMD FX yang lama yaitu FX 83xx, Anda dapat melakukan upgrade tanpa harus membeli motherboard karena AMD FX 9500 memiliki dukungan socket yang sama dengan yang sebelumnya yaitu menggunakan AM3+.

baca juga : Processor masa depan dari AMD yaitu Zen akan diluncurkan

Perubahan drastis dilakukan dari segi performa, AMD FX 9500 memberikan kepada Anda default clock yang tergolong tinggi jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Di versi ini, seri tipe FX 9500 dapat berjalan hingga kecepatan 4.7 GHz yang jika ditambah dengan kemampuan tambahan dari Turbo Core yang aktif misalnya untuk menjalankan program yang cukup berat dan bermain game 3D kualitas tinggi, processor ini dapat berlari hingga kecepatan 5 GHz. Tidak heran, saat dites atau diuji di berbagai macam game serta aplikasi, AMD FX 9500 memiliki score yang memuaskan. Dari pengujian ini, dapat dilihat adanya peningkatan performa yang diberikan. Tidak hanya untuk games dan aplikasi, namun juga uji benchmark dan cibebench yang cukup memuaskan karena jumlah inti processor yang cukup besar yaitu 8 core. 

Selain ketahanan dan performa yang memuaskan, seri AMD yang biasanya hanya cocok untuk grafis, di seri AMD FX 9500 cocok digunakan bagi Anda yang senang dengan overlocking. Di seri ini, Anda dapat melakukan overlocking dengan kecepatan yang tinggi. Sayangnya, perubahan positif dari AMD seri ini hanya ada di performa karena di seri ini tidak ada fitur baru dan masih sama dengan AMD FX seri sebelumnya. Beberapa fitur tersebut yaitu:
  • AVX atau advanced vector extensions
  • AES (Advanced encryption standar)
  • AMD turbo core versi 3.0
  • FMA (Floating Point Vector Multiply)

Kekurangan yang lainnya yang dimiliki oleh AMD FX 9500 yaitu:

  • Seri AMD FX yang dikeluarkan di tahun 2013 ini boros daya karena memiliki performa yang kencang. TDP dari processor jenis ini adalah 220 watt sehingga memerlukan jenis power supply yang berkelas serta cooling fan yang dapat menahan dan mendinginkan hawa panas dari processor ini.
  • Harga yang relatif tinggi. Di awal peluncuran, AMD FX 9500 dibanderol dengan harga USD 800 sehingga tidak cocok bagi Anda yang memiliki dana yang pas-pasan serta takut tagihan listrik yang meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *