Rabu, 22 Juni 2016

Benarkah Badan Cyber Nasional Batal Dibentuk?

Dikutip dari Kompas Tekno bahwa Pemerintah batal membuat Badan Cyber Nasional. Alasannya adalah ialah demi penghematan anggaran.

Hal ini diputuskan pada kedap mengenai Badan Cyber Nasional di kantor Kementerian ketua   bidang Politik hukum dan  Keamanan di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Benarkah Badan Cyber Nasional Batal Dibentuk?
Sebagai gantinya, tugas lembaga ini dialihkan ke forum yg telah ada, yakni lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

"bila pembentukan badan baru kita sedang moratorium pembentukan badan, sebagai akibatnya kita mencari lembaga mana yg memiliki kemampuan, fasilitas, sdm yang bisa diberikan tugas juga menangani persoalan cyber," istilah Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan  Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi usai rapat.

"dari akibat kedap itu, Lemsaneg (yg ditunjuk)," imbuh Yuddy.

Sinergi menggunakan Kemenkominfo

Yuddy mengatakan, nantinya akan terdapat revitalisasi fungsi, tugas dan  kewenangan Lemsaneg. Lemsaneg jua akan dibantu sang Kementerian Komunikasi serta Informatika pada menangani kejahatan cyber di dunia maya.

"Akan terdapat satu fungsi Dirjen Kemenkominfo yang menangani perangkat lunak teknologi yang wajib  dileburkan. Jadi lebih efisien," kata Yuddy.

Yudy menekankan bahwa keberadaan lembaga yang menangani kejahatan cyber sangat krusial. Oleh sebab itu, pengajian tentang hal ini akan diselesaikan pada ketika dekat.

"masalah cyber security ini telah sebagai tren global yg harus dimililiki pemerintah buat melindungi asal-sumber isu dan  data digital yang dimiliki sang pemerintah serta publik," kata dia.

Tidak ada komentar:
Write komentar