Jumat, 15 Juli 2016

Benarkah Kominfo akan Blokir Pokemon Go

Kementerian Komunikasi dan  Informatika (Kemenkominfo) menegaskan tidak akan memblokir permainan "Pokemon Go." Hanya saja, pemain diimbau agar lebih berhati-hati ketika berburu Pokemon.







Benarkah Kominfo akan Blokir Pokemon Go
Pokemon Go game yang sedang booming saat ini

dikutip dari kompas tekno bahwa Ketua pusat info dan  korelasi warga  Kemekominfo, Ismail Cawidu berkata, permainan buatan Nintendo itu tidak melanggar ketentuan apa pun. Ialah, tidak perlu dilakukan pemblokiran.

“dalam game itu tidak terdapat hal yg melanggar undang-undang atau hukum kita. Sebab itu, Kominfo tidak akan memblokir (Pokemon Go),”
Kominfo hanya mengimbau supaya orang-orang yg memainkan Pokemon Go berhati-hati dan  permanen waspada pada situasi sekeliling. Selain itu, sebaiknya tak memainkan permainan sembari berkendara atau menerobos wilayah pribadi orang lain.

“saya sudah lihat sendiri (Pokemon Go). Jadi yg penting agar masyarakat tidak menggunakannya sembari berkendara atau (memainkannya) hingga turun ke jalan serta menerobos pekarangan milik orang lain,” pesan Ismail.

Rentan bahaya di global nyata


Pokemon Go memang tidak selaras menggunakan game mobile pada umumnya. Pasalnya, permainan buatan Nintendo serta Niantic ini mengusung konsep augmented reality, yaitu memadukan global impian dengan global nyata.

Pemain diminta benar-benar-sungguh berjalan pada global konkret sambil menyusuri peta-peta virtual. Seiring perjalanan tadi, pemain bisa menangkap Pokemon liar, bertarung di gym, atau sekadar menerima item pada Pokestop yang umumnya ditautkan pada bangunan-bangunan tertentu di dunia konkret.

Cara bermain mirip ini ternyata rentan menggunakan peristiwa berbahaya pada dunia konkret. Misalnya, karena terlalu fokus pada peta virtual yg dibuat sesuai Google Maps serta peta permainan game Ingress, pengguna mampu benar-sahih tersesat.

Contoh lainnya artinya kecelakaan yg baru-baru ini terjadi pada Amerika serikat. Seseorang pengemudi mobil menabrak pohon karena terlalu penekanan memperhatikan Pokemon di peta virtual.

Sebelumnya, beredar info yg menyebut Kemenkominfo siap memblokir game Pokemon Go pada Indonesia Bila terindikasi terdapat potensi bahaya.

Sampai ketika ini, Kemenkominfo juga belum mendapatkan aduan terkait konten game Pokemon Go.

Tidak ada komentar:
Write komentar