Rabu, 16 November 2016

Info Teknologi: Mengenal Komponen CPU Komputer

Bagi Anda yang menggunakan komputer tentunya sebelum membelinya baik untuk pekerjaan maupun untuk keperluan yang lainnya, tentunya memilih dengan spesifikasi yang cocok dengan kebutuhan Anda. Tak hanya komponen komputer seperti layar atau LCD tetapi juga Anda harus memperhatikan penggunaan dari CPU komputer itu sendiri. CPU yang digunakan tersebut mempengaruhi apakah komputer Anda dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Pergerakan dari komputer yang Anda gunakan sangat ditentukan dengan kualitas dari CPU dari terhubung dengan komputer tersebut.


Berikut merupakan beberapa komponen-komponen yang ada pada CPU yang terhubung dengan komputer Anda yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menjaga dengan baik komputer Anda:


1. Harddisk


Pada sebuah CPU terdapat harddisk yang berisikan sebuah piringan logam, fungsi harddisk ini untuk menyimpan data pada CPU. Sehingga banyak yang memilih membeli CPU yang memiliki harddisk dengan ukuran besar agar dapat menyimpan data yang dalam jumlah yang besar. Komponen harddisk sendiri yaitu terdiri dari platter, head, rangkaian elektronik, DSP, chip memory dan lain sebagainya. Namun pada komputer ataupun pada laptop, harddisk ini kerap mengalami kerusakan ataupun error sehingga dapat berbahaya bagi data-data penting Anda yang tersimpan dalam harddisk ini.


2. Diskdrive


Berbeda dengan harddisk yang memiliki fungsi untuk menyimpan data, disk drive ini fungsinya sebagai pembaca data dan juga yang dapat menulis data ke disk sehingga data Anda dapat tersimpan dan dapat Anda gunakan pada komputer. Kelebihan dari disk ini yaitu dapat dipasang di komputer Anda secara internal ataupun eksternal. Anda juga dapat memakai aneka jenis kaset yang dapat membaca data diantaranya yaitu CD, DVD/HDD ataupun blu-ray. Tentunya kapasitas dari masing-masing tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


3. Processor


Sebagaimana yang sudah Kita ketahui bahwa CPU komputer ini merupakan otak dari sebuah komputer. Dimana komputer Anda tidak akan berjalan apabila terjadi kerusakan atau error yang terjadi pada processor. Fungsi dari processor ini yaitu memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh sebuah komputer. Processor ini memiliki berbagai kekuatan pengukur seperti Mega Hertz atau MHz dan juga Giga Hertz atau GHz.


4. Memori


Dalam sebuah CPu terdapat memori yang mana memori ini terbagi menjadi dua, yaitu RAM dan juga ROM. Untuk RAM sendiri merupakan alat yang dapat menyimpan segala data yang ada di komputer untuk sementara waktu. Data yang terdapat pada RAM tersebut akan menghilang ketika Anda mematikan komputer. Namun kecepatan dari RAM ini lebih cepat dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan harddisk. Sedangkan untuk ROM ini hanya dapat dibaca dan tidak bisa diisi oleh pemrograman. Biasanya pabrik akan mengisi ROM dengan sistem operasi yang diperlukan oleh komputer.


5. VGA cards


Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing dengan VGA cards ini, bagi para desainer ataupun gamers membutuhkan kartu grafis atau VGA cards dengan daya yang tinggi. Fungsi dari VGA cards ini sendiri yaitu untuk menerjemahkan keluaran komputer Anda ke monitor yang tentunya terhubung dengan CPU ini.


6. Motherboard


Sedangkan motherboard adalah tempat dimana semua panel-panel elektronik yang dibutuhkan untuk menggerakkan CPU computer Anda secara keseluruhan. Ada beberapa bagian yang terdapat pada motherboard ini, diantaranya yaitu processor, sirkuit clock/timing, RAM, chace, ROM BIOS, I/O port dan lain sebagainya. Motherboard ini merupakan komponen utama yang ada pada komputer Anda.

1 komentar:
Write komentar
  1. I have not checked in here for some time as I thought it was getting boring, but the last several posts are good quality so I guess I&2781#;ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend

    BalasHapus