Rabu, 22 Februari 2017

Cara Memilih Pinjaman BPR Sesuai Dengan Kebutuhan

BPR atau Bank Perkreditan Rakyat merupakan salah satu bak di Indonesia yang sangat dikenal jasanya oleh para pengusaha – pengusaha kecil. Meskipun tak setenar bank – bank lain namun pinjaman BPR yang dikeluarkan sangat membantu para pengusaha menengah kebawah dan mampu menggerakan perekonomian masyarakat kecil.


3. Cara Memilih Pinjaman BPR Sesuai Dengan Kebutuhan


Pada dasarnya pinjaman BPR memberikan pinjaman berupa uang tunai secara langsung dalam waktu yang cepat yang digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat. Biasanya masyarakat mengajukan pinjaman BPR untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikn, biaya sehari – hari, biaya pengobatan hingga modal untuk membuka sebuah usaha. Pinjaman yang ditawarkan pun berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Berikut macam – macam pinjaman BPR yang dapat kamu ajukan:


Berdasarkan Jaminan




  1. Pinjaman atau pinjaman dengan jaminan. Pinjaman yang diberikan oleh pihak BPR kepada nasabah dengan syarat memberikan jaminan berupa benda berwujud atau benda tak berwujud seperti sertifikat tanah, BPKB Motor dan jaminan – jaminan lainnya.

  2. Kredit atau pinjaman BPR tanpa jaminan atau pinjaman tanpa agunan. Pinjaman BPR ini diberikan berdasarkan jenis usaha yang dijalankan nasabah atau nama baik atau karakter dai calon nasabah yang mengajukan pinjaman BPR.


Berdasarkan Jangka Waktu


Sama seperti bank konvensional pada umumnya pinjaman ini dibagi menjadi pinjaman jangka pendek yang memiliki waktu pinjaman kurang dari satu tahun dan pinjaman jangka panjang yang memiliki waktu pinjaman lebih dari satu tahun.


Berdasarkan Cara Pelunasan


Pinjaman menggunakan angsuran, nilai pinjaman yang didapatkan oleh nasabah akan dibayar dengan cara mencicil. Untuk sistemnya dijalankan berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat oleh kedua belak pihak.


Berdasarkan Kegunaannya


Pinjaman kredit produktif, pinjaman ini memiliki tujuan untuk meningkatkan produktifitas dari nasabah. Dapat berupa kredit modal kerja atau kredit investasi.


Berdasarkan Jenis Usaha


Pinjaman BPR sebagian besar diajukan oleh masyarakat yang menjalankan usaha menengah kebawah atau bisnis mikro. Beberapa jenis usaha yang mencangkup pinjaman BPR yaitu pinjaman perdagangan, pertanian, perternakan dan industry kecil atau home industry.

1 komentar:
Write komentar