Jumat, 17 Maret 2017

Tips Memilih Gitar Stratocaster Bagi Pemula

Gitar fender type stratocaster (strat) adalah pilihan favorit bagi sebagian besar musisi, praktisi musik atau para hobbiest musik yang memilih gitar sbg instrumen mereka. gitar ini pertama sekali di produksi sekitar tahun 1954 oleh pabrikan gitar di California, USA. Begitu populer nya gitar ini sebagian besar karena desain gitar stratocster yang sangat sempurna dan fleksibel. Banyak orang awam bahkan para musisi yang tidak memahami seluk beluk soal fender stratocaster, harga  gitar fender stratocaster berkisar Rp 3.000.000 sd Rp 10.000.000.


2


Banyak pula yang hanya mengenal bentuk dari type gitar tersebut tanpa bisa membedakan ke aslian dan keabsahan dari gitar tersebut, karena di pasaran banyak beredar gitar yang meniru desain dan bentuk stratocaster yang diproduksi oleh pabrikan gitar dengan merk yang berbeda. ada pula yang terang terangan mencantumkan merk Fender di headstock nya. Jual gitar  fender stratocaster mulai dari penjual online sampai dengan penjual yang mempunyai toko fisik sendiri, mereka menawarkan series dan type terbaru dari setiap gitar dengan spesifikasi yang berbeda pula.


Berikut ini tips dan trik untuk membedakan Produk gitar fender yang asli :





  1. Check Nomer Seri.


     Nomer seri gitar biasanya tercantum dibagian depan headstock atau di bagian belakang headstock nya. ditandai dgn kode tahun pembuatan dan nomer kode yang lain. kode tahun pembuatan pada pabrikan gitar fender biasanya di tandai dgn N,S,E atau Z. Gitar fender yang diproduksi pada tahun 50an dan 60an belum terdapat kode ini. N (ninety) untuk Fender yang diproduksi pada dekade 90an.  (seventy) untuk dekade 70an. E (eighty) untuk produksi dekade 80an dan Z (zero) untuk produksi tahun 2000. untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi www.fender.com mengenai nomer seri tersebut. A





  1. Check Back Plate


Back plate atau plat besi yang terdapat di pangkal neck bagian belakang biasanya merupakan sambungan dari neck dan body yang disatukan oleh 4 buah baut. pada back plate tersebut biasanya tercetak logo inisial Fender. yang membedakan yang asli dan yang palsu adalah hasil cetakan tersebut. yang asli biasanya logo inisial pada plat terlihat bersih dan rapi. sedangkan yang palsu agak kotor dan kasar.


 




  1. Open Pickguard


Pickguard adalah penutup bagian depan gitar yang terbuat dari bahan sejenis acrilic. jika pickguard kita buka akan terlihat wiring perkabelan dari tiga pickup single coil, tiga potensio dan switch kombinasi pickup. biasanya produk gitar fender yang asli mencantumkan sticker yang berisikan nomer seri yang sama seperti pada headstock. perhatikan ukuran potensio yang dinyatakan dengan kilo ohm.



Selain cat yang digunakan untuk finishing, jenis kayu dan karakter suara, ketiga hal tersebut diatas dapat membantu anda dalam membedakan produk asli dan palsu dari gitar fender stratocaster yang anda miliki atau yang akan anda beli.

5 komentar:
Write komentar
  1. I think you have observed some very interesting details , appreciate it for the post. dckgbcdcbekk

    BalasHapus
  2. It is appropriate time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I want to suggest you few interesting things or suggestions. Maybe you can write next articles referring to this article. I wish to read more things about it! ceddafefbdbdcegb

    BalasHapus
  3. Hello to all, it's truly a nice for me to visit this web site, it contains important Information.

    BalasHapus