Hot!

ini dia Fakta Menarik dari Motogp Sepang


Motogp merupakan salah satu ajang balap motor yang paling bergengsi di dunia. Pasalnya moto GP merupakan balap motor yang diikuti oleh pebalap-pebalap terbaik dari seluruh dunia. Kejuaraan balap motor bermesin 1000cc menjadi hiburan yang sangat menarik untuk dinikmati pecinta balap motor di seluruh dunia baik itu melaui layar kaca atau nonton langsung di arena balap. Nah bagi pecinta moto gp Asia Tenggara, motogp sepang menjadi salah satu hiburan yang sangat menarik. 

Tantangan Sirkuit MotoGP Sepang
Sirkuit sepang memiliki panjang sekitar 5,543 km dengan berbagai tantangan yang cukup menarik bagi pembalap yang melintasi aspalnya. Sirkuit sepang memiliki trek lurus dan sudut lebar dan terkenal dengan tikungan-tikungan tajam. Terdapat trek lurus sepanjang 2,71 km dan 2,61 yang dipadukan dengan 15 tikungan yang dapat memancing para pembalap guna membuka gas secara penuh.
Dalam hal ini fisik, mental, dan konsentrasi para pembalap menjadi hal yang sangat penting untuk menempuh balapan selama 20 putaran dengan jarak total mencapai 110 km. Sirkuit sepang juga merupakan salah satu sirkuit terpanjang di dunia. Selain itu suhu dan kelembaban juga menjadi salah satu tantangan bagi para pembalap motogp sepang yang sebagian besar berasal dari daerah empat musim.
Adapun salah satu rekor tercepat selama satu putaran adalah dari pembalap Repsol Honda yakni Marc Marquez dengan catatan waktu 1 menit 59,533 detik pada sesi latihan bebas pada bulan februari 2014. Iya sirkuit sepang memang memberikan segudang cerita mulai dari cerita duka hingga cerita bahagia bagi para pembalap moto GP. 

Fakta Menarik MotoGP Sepang

Moto GP juga menjadi konsumsi publik yang tidak ada habisnya untuk dibahas keseruannnya. Terdapat banyak hal menarik saat kita membicarakan motoGP mulai dari pembalap, produk motor, hingga kondisi sirkuit terbaik yang ada di dunia. Sirkuit yang berada di Malaysia ini selalu menampilkan aksi balap yang sangat seru. Dalam sejarah moto GP, terdapat beberapa fakta menarik dari motogp sepang, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • 1.    Sepang menggelar race kelas paling bergengsi pertama kali pada tahun 1999.
  • 2.    Sirkuit sepang adalah sirkuit pertama yang di desain oleh Herman Tilke yang merupakan arsitek yang paling banyak membangun lintasan balap pada 20 tahun terakhir ini. Sepang menjadi salah satu sirkuit kreasi Hermann yang paling di sukai oleh banyak pembalap.
  • 3.    Sepang memiki panjang lintasan s5.543 meterang menjadikannya lintasan terpanjang kedua di musim motoGP pada tahun 2018.
  • 4.    Sirkuit sepang merupakan trek yang memiliki karakter cepat dan teknis.
  • 5.    Pembalap akan melakukan pengereman paling keras yakni di tikungan pertama yang mana kecepatan pembalap turun mulai dari 331 km/jam menjadi 67 km/jam. Rem dengan jarak 289 meter selama 6 detik membuat pembalap harus menurunkan kecepatan habis-habisan.
  • 6.    Sirkuit sepang memiliki 6 tikungan dan pada tikungan ke-6 merupakan titik paling lambat dimana para pembalap harus mernkan kecepatannya hingga 60 km/jam.
  • 7.    Pada ke-6 tikungan di sepang yang memaksa pembalap harus menurunkan kecepatannya hingga 85 km/jam yang mana kondisi tersebut sangat kontras dengan dua trek luruspanjang yang mana top speed hingga mencapai 300 km/jam.
  • 8.    Sepang merupakan salah satu sirkuit yang paling menguras rem yang mana pada setiap lapnya, rem dipakai sekitar 37 detik atau kurang lebih 30% dari total balapan.